Selasa, 16 Oktober 2012

IDE KREATIF DAN INOVATIF DALAM MEMULAI BISNIS



Prinsip Dasar Mendapatkan Ide Bisnis Brilian

Jika saat ini Anda masih berstatus karyawan atau malah sudah bosan, sudah saatnya Anda membangun bisnis Anda sendiri. Kenapa? Salah satu alasannya adalah gaji Anda sulit sekali mengalahkan inflasi. Inflasi naik setiap bulan. Tapi gaji Anda belum tentu naik walau pun cuma 1 kali dalam 1 tahun. Karena dengan berbisnis Anda punya peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih besar. Sebab 9 dari 10 pintu rejeki milik para pengusaha. Jangan menunggu tua. Apalagi menunggu modal terkumpul. Fakta Pahit : jarang sekali orang yang bisa menyisihkan gajinya untuk dikumpulkan dan kemudian digunakan sebagai modal usaha. Yang ada malah habis untuk ini dan itu. Namun yang muncul adalah pertanyaan “mau bisnis apa ya?”

Saya sering kali mendapatkan pertanyaan dari sahabat-sahabat,pertanyaannyan adalah “buka bisnis apa ya yang kira-kira bagus?” Pertanyaan itu pasti muncul dalam benak Anda ketika ingin memenuhi sebuah bisnis. Mendapatkan ide bisnis untuk sebagian besar orang pasti susah. Apalagi harus dihadapkan dengan permasalahan klasik yakni keragu-raguan dalam mengambil keputusan. Sehingga yang muncul adalah pertanyaan lagi “Bisa berhasil gak ya?” “Nanti kalo gagal gimana?”

Namun ada juga orang yang mudah untuk mendapatkan ide bisnis. Terutama yang sebelumnya sudah lama berkecimpung dalam beberapa usaha. Sudah pernah babak belur dihantam kegagalan dan akhirnya dia berhasil mendapatkan kesuksesannya. Insting orang yang berpengalaman berbisnis tentu telah terlatih. Tapi untuk Anda yang belum berpengalaman jangan patah semangat dulu. Prinsip-prinsip dasar mendapatkan ide bisnis brilian ini tentu harus diikuti dengan action. Tanpa action Anda hanya NATO (No Action Think Only). Tidak akan pernah menjadi kenyataan. Hanya akan menjadi sebuah gagasan tanpa membuahkan manfaat apa pun bagi Anda, keluarga, bahkan orang lain.

Bagaimana mencari ide bisnis?
Ide bisnis bisa dengan mudah Anda dapatkan jika Anda mencoba memahami dan menjalan prinsip-prinsip ini. Prinsip ini dilakukan oleh para pebisnis hebat di mana pun. Terbukti mereka meraih kesuksesan di setiap bisnis yang telah mereka bangun. Saya juga sedang melakukan prinsip dasar mendapatkan ide bisnis brilian berikut ini :

1.      Senang Melayani Tuhan
Manusia punya banyak sekali kebutuhan, selera dan keinginan. Dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dengan kasih saying-Nya, Tuhan sudah mencukupkan dan menyediakan apa yang dibutuhkan manusia. Tinggal manusianya sendiri yang mengatur bagaimana ketersediaan bekal dari Tuhan itu dikelola. Maukah Anda mengambil tugas mengelola kebutuhan sesama? Memang tidak akan semuanya bisa kita kelola. Tapi melayani 1 kebutuhan saja sudah bisa membuat kita kaya raya.
Dengan semangat melayani Tuhan Anda bisa menemukan ide bisnis brilian. Bukankah Tuhan menciptakan jin dan manusia dengan tujuan untuk melayani (‘abid)?.  Abdi, ‘abid, ibadah. Berbisnislah sebagai salah satu bentuk pelayanan atau ibadah Anda terhadap Tuhan. Saya percaya Anda pasti sukses. Sebab Anda adalah orang yang suka sekali melayani Tuhan. Saya yakin berbisnis dengan Tuhan lebih pasti dan sangat menguntungkan.
Anda bisa menjadi perantara Tuhan untuk melayani kebutuhan-kebutuhan makhluk-Nya. Misalnya : Anda bisa buka bisnis kuliner, kesehatan, olahraga, pendidikan, teknologi, komunikasi dll.

2.      Mudahkan Kehidupan Orang Lain
Orang lain merasa tidak nyaman dan terancam di terminal bis atau di kereta api, Anda bisa membuka bisnis angkutan travel sebagai solusinya. Orang lain tidak bisa mencetak foto mereka, Anda bisa membuka layanan jasa studio foto dan printing. Orang lain tidak bisa menyanyi teriak-teriak di rumah, Anda buka layanan karaoke. Orang lain tidak bisa mengasuh anak karena sibuk bekerja, Anda bisa membuka jasa penitipan anak. Rumah sakit penuh dan banyak orang tidak sembuh-sembuh dari stroke, Anda bisa terjun di bisnis kesehatan.
Setiap orang punya masalah dan kesulitan hidup, sama seperti Anda. Jika Anda mengalami masalah dan masalah itu juga dialami oleh banyak orang, pikirkanlah sebuah solusi. Tentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah itu. Sebab solusi terbaik bisa menjadi ide bisnis yang prospektif untuk masa depan Anda.
Bisnis pada dasarnya adalah tentang memudahkan kehidupan orang lain. Buatlah produk, layanan, dan metode baru yang memudahkan kehidupan orang lain. Pada dasarnya orang suka menolong dan memudahkan sesamanya. Saya yakin orang itu termasuk Anda. Jadi Anda punya bakat besar untuk memiliki bisnis besar. Sebab Anda orang baik.

3.      Kreatif karena Keterbatasan dan Kelemahan
Kreatif asal kata dari create atau membuat. Membuat yang belum ada menjadi ada. Membuat yang sudah ada menjadi lebih baru dan lebih baik (modifikasi). Membuat sesuatu yang beda (differentiation) dan unik. Kreatifitas bisa muncul hanya jika ada keterbatasan dan kesulitan. Jika Anda saat ini sedang mengalami keterbatasan dan kesulitan hidup itu adalah waktu yang tepat untuk menjadi kreatif. Mulailah dengan membuat sesuatu untuk memudahkan kehidupan orang lain agar mereka dapat melepaskan diri dari keterbatasan, kesulitan dan kelemahannya. Sebab mereka tidak kreatif, maka Andalah yang harus secepatnya kreatif.
Tuhan sengaja menciptakan keterbatasan dan kesulitan. Tidak semua orang bisa membuat website, Anda bisa membuka layanan web design. Tidak semua orang bisa memasak. Tidak semua orang punya uang. Tidak semua orang bisa membangun rumah yang kuat dan indah. Tidak semua orang bisa menggambar. Jika Anda kreatif, Anda pasti sudah bisa memikirkan apa solusi untuk mereka.
Seandianya anda sudah berkeluarga dan saat ini Anda bekerja sebagai di DInas P3 (Pergi pagi-pagi Pulang petang-petang Penghasilan pas-pasan), atau bahkan PNS (Pecari Nafkah Serabutan) atau malah lebih parah lagi PENGACARA Pengangguran Banyak Acara). Ditambah lagi istri anda sedang hamil dan sebentar lagi melahirkan.  Belum bayar kontrakan rumah juga. Hutang makin menumpuk dan tak tahu kapan terlunasi. Inilah waktu yang tepat untuk menjadi kreatif. Let’s get the party, honey!

4.      Bersedialah Jadi Recycle Bin
Manusia makhluk yang suka mengeluh. Manusia juga adalah makhluk yang suka membicarakan dirinya sendiri. Membicarakan masalahnya, mengeluhkan kehidupannya, dan mengritik kehidupan. Masalah dan hidup orang lain gak penting. Maka yang dia butuhkan adalah seseorang yang bisa mendengar. Anda, jadilah pendengar yang baik. Siap-siap jadi recycle bin, tempat orang membuang keluh kesah. Berbahagialah Anda jika banyak orang yang mengeluh kepada Anda.
Dengan menjadi pendengar yang baik Anda akan menjadi orang yang tahu banyak hal tentang kebutuhan orang lain, ketidak puasan orang lain, keinginan orang lain, dan ego orang lain. Carikan solusinya, buatlah sebuah layanan.
SMS lahir dari keluhan orang tentang surat yang lama datangnya. Mall muncul lahir dari keluhan orang tentang pasar yang bau dan becek. Laundry muncul dari keluhan orang yang malas dan sibuk jadi tidak punya waktu mencuci pakaian. Out bond muncul dari keluhan masyarakat kota yang tidak punya halaman luas untuk bermain anak-anaknya.
Menjadi pendengar yang baik membuat Anda mampu memakai sepatu orang lain. Anda akan mampu berempati, merasakan apa yang sebetulnya orang lain rasakan dan butuhkan. Sehingga Anda mampu mencari solusi terbaik untuk orang lain. Solusi itu akan menjadi bisnis besar Anda. Orang-orang sukses di dunia ini adalah para pendengar yang baik. Termasuk mendengarkan kritikan, hinaan, dan penolakan.

5.      Kerangkeng Hewan Liar Anda.
Ketika Anda mendapatkan satu atau lebih ide bisnis, catatlah dalam buku pribadi Anda. Catatlah apa pun yang terlintas di otak. Tidak peduli ide itu bagus atau tidak. Catatlah dulu. Supaya Anda bisa memikirkah lebih dalam di lain waktu. Ide itu seperti hewan liar. Kadang terlupakan. Kita kan makhluk pelupa.
Catatlah di laptop Anda. Catatan ini akan mengikat ide yang terlintas agar tidak lari kemana-mana. Selain itu, belum tentu ide Anda bisa diwujudkan secepatnya. Anda bisa membuka lagi catatan Anda saat dibutuhkan. Catatan ini akan berguna saat Anda mencari alat dan  orang pendukung yang akan membantu mewujudkan ide Anda.
 

Tips Kreatif dan Inovatif dalam Bisnis
Mempunyai ide-ide baru yang terus mengalir adalah sangat penting. Ide-ide baru adalah darah kehidupan bisnis kita. Oleh karena itu, penting untuk mendorong kreativitas dan menjadi benar-benar inovatif. Namun perlu diketahui bahwa kreativitas dan inovasi adalah dua hal yang berbeda. Kreativitas adalah segala hal yang berkaitan dengan memunculkan ide-ide baru, sedangkan inovasi berkaitan dengan penerapan ide-ide baru dalam suatu tindakan (action).
Ide-ide baru bisa sangat sulit untuk ditemukan. Ketika Anda menemukannya dan menerapkannya ke dalam tindakan, ide-ide baru tersebut dapat menjadi alat-alat pemasaran yang sangat powerful dan menjadi lisensi yang akan mendatangkan uang kepada kita.
Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu melahirkan ide-ide baru:
1.      Semua Berawal dari Hobi
 Semua berawal dari hobi. Saya yakin Anda pasti sering melihat pengusaha yang sukses dan menjadi mapan karena mereka membisniskan hobi mereka. Hobi adalah salah satu pertimbangan terbesar yang harus Anda perhatikan dalam memulai sebuah bisnis.
Berbisnis dari hobi adalah salah satu terbosan yang sangat baik. Ketika Anda melakukan hobi Anda, apakah Anda sering merasa bosan? Kebanyakan orang tidak akan mudah bosan ketika menjalankan hobinya. Nah jika Anda tidak bosan tentu bisnis Anda akan berjalan lebih semangat.
Ada beragam bisnis yang bisa Anda mulai dari hobi, misalnya jika Anda hobinya berkebun bunga maka Anda bisa membuka kebun bunga untuk kemudian dibisniskan. Atau jika hobi Anda memancing dan mengurusi dunia ikkan, maka bisnis perikanan bisnis menjadi ide yang menarik untuk Anda coba.
2.      Lihat Masalah di Sekitar Anda
Penciptaan-penciptaan manusia yang besar dan terkenal, misalnya internet, mobil, handpone adalah sebuah penciptaan yang dibuat dengan tujuan mengatasi masalah yang ada. Sebagai contoh, handpone diciptakan supaya orang tidak kesulitan lagi ketika harus berkomunikasi. Dengan terciptanya handpone, kita tidak perlu repot-repot membawa telepon.
Nah melihat gagasan di atas, tentu masalah yang ada di sekitar Anda bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih ide bisnis. Coba Anda lihat sekeliling Anda, amati lingkungan Anda, kira-kira apa masalah yang sedang terjadi dan Anda bisa carikan solusinya.
Di lingkungan sekitar kita pasti banyak masalah yang sebenarnya kita memiliki solusinya. Misalnya melihat banyak nyamuk berterbangan di rumah, maka munculah produk yang namanya obat nyamuk. Melihat mobil yang kotor, maka muncul produk sabun pembersih mobil, dan lain sebagainya.
3.      Melihat Trend Saat Ini
Trend atau mode saat ini menjadi salah satu pertimbangan yang tidak boleh Anda lupakan dalam memilih ide bisnis. Meskipun berbisnis mengikuti trend bukanlah sesuatu yang direkomendasikan, namun tetap saja Anda bisa memulai bisnis dari apa yang sedang jadi trend saat ini.
Contohnya sekarang penggunaan internet sudah sangat tinggi sekali di Indonesia. Nah produk-produk yang berkaitan dengan internet sudah pasti akan sangat dibutuhkan. Misalnya modem, warnet, gadget, dan berbagai alat lainnya yang berhubungan dengan internet.
Kalau Anda jeli, maka Anda bisa menangkap peluang usahanya. Contohnya kaerna pemakai internet semakin banyak, maka bisnis warnet adalah pilihan yang menarik. Meskipun warnet sudah bertebaran di mana-mana, tapi tetap saja Anda bisa menjadi market leader-nya.
Tentu saja Anda harus melakukan banyak inovasi agar Anda bisa menjadi pemimpin pasar dalam bisnis warnet. Misalnya dengan memberi layanan tambahan namun harganya tetap murah. Contohnya warnet Anda memberi diskon, warnet Anda dilengkapi AC, warnet Anda memberikan tutorial bisnis online gratis, warnet Anda memberi pelatihan secara gratis kepada siapapun yang masih kesulitan menggunakan internet dan lain sebagainya. Mudah-mudahan Anda bisa menangkap ide bisnis dari trend yang sekarang terjadi.

4.      Meminta Opini
Anda dapat menyewa konsultan atau dengan cara sederhana mencari opini / pendapat dari seseorang yang tidak mengetahui sama sekali tentang bisnis Anda. Kita mungkin sangat sibuk mengurusi bisnis yang kita jalankan, sehingga seringkali menyebabkan kita tidak dapat melihat cara lain untuk melakukan sesuatu. Ada saat-saat ketika kita perlu untuk melangkah keluar dari lingkungan kita karena seringkali ide-ide yang digunakan dalam suatu bisnis tertentu dapat diterapkan dalam bisnis yang lainnya.

5.      Bertukar Pikiran (Brain Storm)
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ide-ide baru adalah melalui brainstorming / diskusi. Ini bisa melibatkan keluarga, teman dan anggota tim. Tujuan kegiatan brainstorming adalah untuk mendapatkan banyak ide. Ingat, jumlahnya bukan kualitasnya. Pemilihan/penyaringan (refining) ide-ide bisa dilakukan belakangan.
6.      Mendidik kembali Pikiran Kita (Re-educate The Mind)
Ada pepatah lama yang mengatakan, "Janganlah Anda pernah berhenti belajar" dan ini benar. Jika Anda akan membuat komitmen pribadi untuk terus belajar, Anda akan memperoleh hasilnya.
7.      Membaca dan Berlangganan
Ada banyak informasi bermanfaat di internet dan sebagian besar informasi tersebut gratis. Carilah informasi bidang-bidang bisnis lainnya jangan hanya informasi yang terkait dengan bisnis Anda karena Anda mungkin dapat menerapkan suatu ide yang benar-benar tidak berkaitan.
Anda seringkali dapat menemukan ide-ide di tempat-tempat yang tidak biasa. Koran atau majalah tentang bisnis ataupun fashion contohnya adalah sumber yang bernilai. Saat ini mudah untuk berlangganan sejumlah koran dalam negeri atau luar negeri, majalah atau newsletters.
8.      Melakukan Perjalanan (travel) akan Membuka Mata Anda
Kunjungilah tempat-tempat yang berbeda atau bahkan tidak berhubungan dengan bidang bisnis Anda. Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan secara gratis dari kegiatan ini yang nantinya dapat diterapkan dalam bisnis Anda.

     Tujuan utama berbisnis tentunya adalah untuk mendapatkan konsumen, dan sesungguhnya hanya ada dua cara untuk melakukannya …yaitu melalui Kreativitas dan Inovasi.
Jika Anda ingin menjadai seoarang pengusaha dansukses selamat mencoba contoh ide-ide bisnis kreatif dan inovatif, atao kalau Anda mempunyai ide kreatif sendiri segeralah action, dan siap-siaplah untuk menjadi orang sukses. Selamat Berwirausaha!

1 komentar: